Sunday, August 28, 2016

ARTIKULASI

ARTIKULASI


Yang dimaksud dengan artikulasi pada teater adalah pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas, sehingga telinga pendengar/penonton dapat mengerti pada kata?kata yang diucapkan.
Pada pengertian artikulasi ini dapat ditemukan beberapa sebab yang mengakibatkan terjadinya artikulasi yang kurang/tidak benar, yaitu :
  1. ? Cacat artikulasi alam : cacat artikulasi ini dialami oleh orang yang berbicara gagap atau orang yang sulit mengucapkan salah satu konsonon, misalnya ‘r’, dan sebagainya.
  2. ? Artikulasi jelek ini bukan disebabkan karena cacat artikulasi, melainkan terjadi sewaktu?waktu. Hal ini sering terjadi pada pengucapan naskah/dialog. Misalnya,Kehormatan menjadi kormatan. Menyambung menjadi mengambung, dan sebagainya. Artikulasi jelek disebabkan karena belum terbiasa pada dialog, pengucapan terlalu cepat, gugup, dan sebagainya.
  3. ? Artikulasi tak tentu : hal ini terjadi karena pengucapan kata/dialog terlalu cepat, seolah?olah kata demi kata berdempetan tanpa adanya jarak sama sekali.
  4. Untuk mendapatkan artikulasi yang baik maka kita harus melakukan latihan
  5. ? Mengucapkan alfabet dengan benar, perhatikan bentuk mulut pada setiap pengucapan. Ucapkan setiap huruf dengan nada?nada tinggi, rendah, sengau, kecil, besar, dsb. Juga ucapkanlah dengan berbisik.
  6. ? Variasikan dengan pengucapan lambat, cepat, naik, turun, dsb
  7. ? Membaca kalimat dengan berbagai variasi seperti di atas. Perhatikan juga bentuk mulut.

Go to link download

download
alternative link download